SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI 8 Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi Yang Harus Dihindari

Agen Penjual Qnc Jelly Gamat Asli

Friday 18 August 2017

8 Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi Yang Harus Dihindari


Dokter sudah menyatakan bahwa kadar kolesterol jahat dalam darah Anda terlalu tinggi? Nah sudah saatnya untuk memperbaiki pola makan Anda dengan diet rendah kolesterol. Itu berarti Anda harus menjalani pantangan kolesterol tinggi yang tentu bahaya buat kesehatan.

Namun, apa saja jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi? Yang mana yang masih boleh dikonsumsi dalam jumlah wajar dan mana yang harus dihindari sama sekali? Daripada mencari informasi yang simpang siur, langsung simak daftar pantangan kolesterol yang resmi dari para ahli kesehatan berikut ini.
Pantangan kolesterol tinggi dalam hal makanan

Berikut ini adalah 8 pantangan makanan kolesterol tinggi yang  sebaiknya Anda hindari sama sekali. Pasalnya, sekali saja Anda menyantap berbagai hidangan tersebut, kolesterol bisa langsung melonjak naik.

1. Gorengan 


Makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Apalagi kalau dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus, pepes, dan rebus.

2. Lemak jenuh 


Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya santan kelapa, daging kemasan seperti kornet dan sosis, minyak palm, dan mentega mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya ganti makanan yang tinggi lemak jenuh dengan makanan dengan lemak tak jenuh. Sebagai contoh, daripada pakai minyak palm atau mentega, pilih minyak zaitun.  

3. Lemak trans 


Lemak trans adalah minyak yang sudah dipadatkan. Biasanya lemak trans ada dalam margarin dan minyak kelapa. Maka, hidangan yang diolah dari margarin dan minyak kelapa pun tinggi kolesterol. Kalau bisa, pilih margarin yang mengandung 0 gram lemak trans atau bebas lemak trans. 

4. Jeroan 


Hindari jeroan ayam dan sapi seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ dalam lainnya. Pasalnya, jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik Anda mengonsumsi daging yang rendah lemak, jangan organ dalamnya.

5. Kulit 


Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol Anda secara cukup signifikan. Jadi jika Anda makan ayam, sebaiknya jangan disajikan dengan kulitnya.

6. Telur ayam 


Sebutir telur ayam ras (ayam negeri) lengkap dengan kuning telur dan putih telur mengandung kira-kira 164 miligram kolesterol. Sedangkan kuning telurnya saja mengandung kolesterol sekitar 242 miligram. Belum lagi kalau telur digoreng dengan minyak palm. Maka, sebaiknya Anda mengonsumsi sumber protein lain yang masih lebih aman, misalnya dari tahu dan tempe.

7. Makanan cepat saji 


Selain karena gizinya kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahannya. Oleh karenanya, sebaiknya Anda pantang mengonsumsi makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger, dan sejenisnya.

8. Udang 


Makanan laut yang perlu Anda waspadai adalah udang. Dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti ikan dan cumi, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi. Maka, udang jadi salah satu makanan pantangan kolesterol tinggi. Bila Anda ingin mengonsumsi makanan laut, sebaiknya imbangi dengan nutrisi dari sayur dan buah-buahan segar.


Baca juga
10 Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol
7 Fakta Seputar Kolesterol
Obat Herbal Kolesterol Tinggi




8 Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi Yang Harus Dihindari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SASHA HERBAL

0 comments:

Post a Comment