SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI 10 Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol

Agen Penjual Qnc Jelly Gamat Asli

Friday 18 August 2017

10 Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol


Di dalam tubuh, terdapat 2 jenis kolesterol. Kedua jenis kolesterol tersebut adalah LDL dan HDL. Masing-masing terdiri atas kolesterol, protein, dan trigliserida. Dalam setiap macam kolesterol, komposisi ketiga komponen tersebut memiliki kadar yang berbeda-beda.
  • LDL (Low Density Lipoprotein)
    LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat, karena kadar kolesterol dan lemaknya yang tinggi dan pekat ini akan menyebabkan melekatnya kolesterol dalam dinding-dinding pembuluh darah pada saat transportasi dilakukan.
  • HDL (High Density Lipoprotein)
    HDL atau yang dikenal sebagai kolesterol baik memiliki kandungan protein terbanyak dibandingkan komponen kolesterol lainnya. HDL adalah molekul yang haus akan kolesterol. Sewaktu beredar dalam aliran darah, HDL menyerap kolesterol berlebih yang di bawa oleh LDL dan membawanya ke liver untuk diurai kembali. Liver menguraikan kolesterol dan membuangnya ke dalam kandung empedu.
Apa yang kita makan dapat mempengaruhi kadar kolesterol?
HDL pada dasarnya merupakan protein lemak yang dihasilkan oleh liver dan dinding usus. Apa yang kita makan akan menentukan 20% dari kolesterol total yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, jenis nutrisi yang diserap usus akan menentukan jenis protein lemak mana yang dihasilkan (HDL atau LDL). HDL biasanya diperoleh dari berbagai karbohidrat kompleks dan lemak pada buah dan sayur, namun beberapa jenis lemak pada hewan juga diperlukan untuk meningkatkan kadar HDL.

Beberapa makanan olahan yang memiliki kadar lemak dan karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan LDL dan menurunkan kadar HDL. Namun beberapa jenis makanan memiliki serat dan lemak yang baik untuk meningkatkan HDL dan mencegah penumpukan lemak pada pembuluh darah.

Berikut ini merupakan 10 daftar makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi, antara lain :

1. Telur
Meskipun terkenal dengan reputasi tinggi kolesterol, telur memiliki lemak yang baik untuk membantu tubuh menghasilkan HDL. Hal ini terbukti dalam suatu penelitian yang menunjukan satu telur perhari selama 12 minggu dapat meningkatkan kadar HDL sekitar 20 mg/dL. Telur pada dasarnya aman dikonsumsi namun efek dari penelitian tersebut hanya diamati pada orang sehat.

2. Tanaman biji dan polong
Seperti kacang hitam, kacang merah, lentil dan kacang navy kaya akan lemak larut dan mengandung asam folat yang baik untuk pembuluh darah jantung. Jenis makanan ini juga dapat diolah dengan berbagai cara tanpa kehilangan nutrisi yang signifikan.
   
3. Gandum utuh
sama seperti makanan bersumber biji-bijian, gandum utuh adalah jenis makanan yang kaya akan lemak larut dan dapat mudah ditemukan pada roti gandum.   

4. Ikan berlemak
Merupakan ikan laut yang memiliki tekstur daging yang padat dan kaya akan omega-3, seperti salmon, makarel, tuna dan sarden. Omega-3 adalah komponen yang sangat baik untuk menghasilkan LDL dengan konsumsi 2 ikan per minggu. Jika Anda memiliki keterbatasan alergi, suplemen omega-3 juga dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.   

5. Biji chia dan flaxseed
Keduanya merupakan pilihan alternatif dalam pola makan vegetarian untuk membantu kecukupan omega-3. Konsumsi biji chia dapat dijadikan tambahan dalam masakan namun flaxseed sebaiknya dikonsumsi secara utuh sehingga saat sampai di dalam usus nutrisi omega-3 dapat terserap dengan sempurna.
  
6. Kacang-kacangan
Seperti kacang tanah, kacang Brazil dan almond mengandung lemak dan serat yang baik untuk menghasilkan HDL. Kacang pada umumnya juga mengandung sterol tumbuhan yang dapat membatasi penyerapan kolesterol berlebih. Kacang dapat dikonsumsi sebagai camilan namun perhatikan asupan kalori Anda.   

7. Kedelai
Tidak memiliki kandungan spesifik untuk meningkatkan kadar HDL secara langsung, namun merupakan alternatif yang baik untuk pengganti daging karena kaya akan protein nabati.   

8. Buah kaya serat
Seperti buah prune, apel dan pir memiliki serat yang spesifik dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL.   

9. Maknanan sumber antioksidan
Seperti buah alpukat, jeruk, buah beri, coklat hitam dan sayuran seperti kale, bit dan bayam. Antioksidan merupakan senyawa yang terdapat di banyak makanan dan dapat meningkatkan kadar HDL. Suatu penelitian menunjukan kadar HDL mengalami peningkatan dengan konsumsi antioksidan sekitar 0,65% dari kadar normal.   

10. Minyak zaitun
Meskipun bukan sumber makanan yang dimakan langsung namun penggunaan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar HDL karena dapat mengandung lemak baik. Minyak zaitun dapat digunakan untuk menggoreng atau memasak dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk salad dan tambahan pada tumisan dan sup.


Baca juga
Obat Herbal Kolesterol Tinggi
7 Fakta Seputar Kolesterol

10 Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SASHA HERBAL

0 comments:

Post a Comment